Saturday, April 22, 2017

Pria Kuba merakit sepeda paling tinggi di dunia


Félix Ramón Guirola Cepero menggunakan segalanya, dari pagar timah sampai pipa PVC, untuk merakit sepeda paling tinggi di dunia.

Mustahil berjalan beriringan dengan pria berusia 52 tahun, Félix Ramón Guirola Cepero, saat dia bersepeda. Pada hari yang cerah di musim dingin, dia bersepeda di sepanjang Malecon di Havana membuat turis dan warga lokal kerkesima.

Sepeda Guirola Cepero tidak hanya lebih cepat dari kebanyakan orang, tapi juga lebih tinggi. Dia mendapat ketenaran lokal sebagai perakit sepeda paling tinggi di Kuba. Dengan kecepatan tinggi, dan bahkan tanpa keringat, dia melaju dengan sepeda setinggi tiga meter yang dirakit dari tiga rangka yang ditumpuk-tumpuk.


"Lihatlah ini," teriaknya lagi dan lagi, berpacu di jalanan sebelum orang-orang bisa jelas melihat apa yang dia maksudkan.

Tiap lampu merah, dia menyeimbangkan diri dengan memegang atap bis sebentar, membuat sopir sedikit terganggu. Beberapa menit kemudian, dia berhenti sebentar dan bersender pada tembok. Lalu, seorang anak muda, ingin pamer pada kawan-kawannya, berkata ingin ikut naik.

"Naiklah," kata Guirola Cepero dengan senyuman.

Anak muda itu, tidak ingin malu. Dia lalu memanjat dengan hati-hati ke rangka sepeda dan berpegangan erat. Wajahnya tersenyum membeku selagi Cepero mulai melaju, memberikannya pengalaman tak terlupakan selama beberapa menit sebelum akhirnya mengizinkan anak muda itu turun.


Di rumah, Cepero menyandarkan sepedanya ke tembok depan rumah di Jalan Aguacate di Old Havana. Turunnya bagaimana? Dia hanya cukup melompat (dan cukup mengejutkan bahwa dia tidak pernah patah tulang selagi melompat).

Dia lalu masuk ke dalam dan menyapa istrinya, Franci. Dia tersenyum. "Semua yang dia pikirkan cuma sepeda," katanya pura-pura jengkel. "Sepeda, sepeda, sepeda. Itu obsesinya."

Cepero merakit lima sepeda tingginya di sebuah ruang khusus di rumahnya. Setelah lebih dari 50 tahun hidup di bawah embargo perdagangan, banyak warga Kuba kekurangan perkakas rumah tangga dan belajar untuk memanfaatkan apapun semaksimal mungkin.

Cepero tidak berbeda. Rangka sepedanya adalah produksi kuno Cina, beberapa di antaranya berusia lebih dari 30 tahun. Untuk menambah tinggi, dia menggunakan apapun yang dia bisa temukan, dari tongkat besi hingga potongan pagar timah. Pedalnya dibuat dengan bagian pipa PVC yang dia potong dan bentuk ulang.

"Jika saya bisa mendapat material yang lebih ringan, seperti aluminium keras, karbon fiber, atau pipa yang kuat tapi ringan, saya bisa mengendarai sepeda yang luar biasa," katanya.

Obsesi Cepero belakangan menjadi lahan pendapatan, dengan mengiklankan minuman berenergi Time Flies lewat spanduk yang disematkan ke sepedanya. Dia dan Franci juga menjual permen, rokok, dan minyak di kios rumah mereka.

Cepero mulai merakit sepeda 37 tahun lalu, ketika masih remaja dan tinggal di Ciego de Avila di pusat Kuba. Kegemarannya dimulai ketika dia melihat seorang anggota tim sepeda nasional bersepeda tandem melewati kotanya.

Dia langsung punya ide untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar lain. "Ketika saya melihat sepeda tandem pertama kali, itu horizontal," jelasnya. "Saya bilang, 'ok, saya akan membuatnya ke atas'."

Juga, dia bercanda, "dari ujung sepeda itu, saya bisa mengambil kelapa."

Tapi membuat sepeda tinggi bukan hanya menjadi satu-satunya cita-cita Cepero. Dia memiliki rencana besar juga. Pada satu waktu dia berlayar dengan kapal laut menuju Amerika Serikat. "Saya mencoba empat kali," katanya. Pengalaman itu membuat dirinya dipenjara total 21 tahun.
Tak seperti karakternya, dia tampak diam ketika ditanya tentang pengalaman itu. "(Pengalaman) itu buruk," katanya singkat.

Walau begitu, kegemaran Guirola Cepero bersepeda tak pernah padam. "Penjaga penjara mengizinkan saya untuk membawa sepeda saya ke dalam, sehingga saya tidak pernah berhenti mengendarainya," katanya. Dia mengaku dirinya dan petugas itu menjadi teman. "Saya bersepeda setiap hari."

Hingga kini Cepero tetap melakukannya. Hanya saja sekarang sepedanya jauh lebih tinggi. Dia menikmati sensasi mengayuh melewati Havana dengan posisi lebih tinggi ketimbang atap mobil.

Dalam beberapa tahun terakhir, obsesinya terhadap sepeda tinggi semakin besar. Bahkan, upaya perakitan sepedanya kini berfokus untuk mendapat gelar dari Guinness Book of World Records.

Dia mengatakan bisa meraih gelar itu 20 tahun lalu. Saat itu, dia mengendarai sepeda enam meter. Hanya perakit sepeda bernama Richie Trimble di Detroit, AS, yang pernah membuat yang lebih tinggi dari itu.

Karena dia bermukim di Kuba, menurut Cepero, "tidak ada yang melihat saya, atau memperhatikan fakta bahwa saya mengendarai sepeda setinggi itu."

Baru-baru ini, Trimble datang ke Havana untuk bertemu dengan Guirola Cepero. Mereka bersepeda dan merakit sepeda bersama.

"Bagi saya, adalah kehormatan bahwa pria yang mendapat gelar dunia datang bertemu saya. Itu menjadikan saya ibarat pemegang rekor juga," katanya. "Rekor pertemanan ini lebih penting dari Guinness."

Tapi, tentu mendapat pengakuan dunia, kata Cepero, mengesahkan berjam-jam waktu yang dia habiskan menyambung berbagai komponen sepeda di bengkelnya.
"Saya membuat sepeda setinggi 10 meter yang saya harap bisa segera selesai," katanya.

188Domino.com | Agen Poker Online| Agen Domino99 Online | Judi Poker Terpercaya | Agen Poker Terpercaya | Agen Domino99

ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

HITSDOMINO | AGEN POKER DOMINO ONLINE TERPERCAYA | AGEN BANDAR Q
Share:

0 comments:

Post a Comment

Cek Kumpulan Nama Poker Online Indonesia Klik Di Bawah Ini.
.:: * NAMA AGEN POKER TERPERCAYA * ::.
Kumpulan Daftar Agen Poker Online

AGEN TERPOPULAR
MIN.DEPOSIT
PENDAFTARAN
188DOMINO
15.000 Daftar
ROMEOPOKER
10.000 Daftar
HITSDOMINO
20.000 Daftar
HITSQQ
20.000 Daftar
HITSPOKER
20.000 Daftar
PERI99
20.000 Daftar

Facebook

Blog Archive