Saturday, December 10, 2016

Ridwan Kamil: Bandung cinta damai, jangan dirusak sekelompok orang

ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

Cuek Cuek - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyesalkan ada insiden penghentian aktivitas Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR). Tingkah pihak yang dengan cara sewenang-wenang itu tak mencerminkan Kota Bandung yang pluralis bukanlah homogen. 

“Sejak jaman Belanda-nya orang Bandung itu cinta damai, toleransi, terbuka dengan nilai nilai. Itu tidak bisa dirusak sekumpulan orang, ” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Pendopo Kota Bandung, Kamis (8/12). 

Dia menyebutkan, hal yang paling mendasar yaitu kalau warga negara yang melaksanakan ibadah tak bisa dipersulit. Hingga sistem perizinan yang dimaksud tidak mematuhi ketentuan jangan pernah menghambat hak melaksanakan ibadah. 

“Umat Kristiani janganlah dipersulit, umat minoritas yang lain juga janganlah dipersulit. Bila umat Islam ingin tabligh akbar, apakah mesti ada referensi atau apa, kan tidak juga. Jadi semangat awalannya janganlah menyulitkan, ” katanya.  

Dia menjelaskan, reformasi 1998, Indonesia yaitu negara demokrasi. Pihaknya tak dapat melarang-larang sepanjang ada dalam batas-batas yang diputuskan. Oleh karenanya, pihaknya tengah membahas pelanggaran yang dikerjakan sekumpulan orang itu. 

“Kalau telah tidak mematuhi hak, itu yang tengah dikaji adakah pelanggaran hukum atau tak. Lantaran pembubaran acara juga harusnya dikerjakan oleh aparat bukanlah oleh sipil kan, kan tak bisa, ” terang Emil. 

“Kalaupun tak sukai berikan ketidaksukaannya itu lewat aparat bukanlah main hakim sendiri, ” imbuhnya lagi. 

Menurut dia, di perubahan jaman, senantiasa ada grup kelompok yang condong bertindak berlebihan. Hal semacam ini bukan sekedar berlangsung di Bandung, namun di kota-kota lain di Indonesia 

“Dalam perkembangan jaman senantiasa ada beberapa orang yang menginginkan lakukan beberapa hal seperti ini, berbentuk berlebihan agama, berbentuk ideologi, berbentuk berlebihan ekonomi, serta lain sebagainya. Jadi saya sangka tak mewakili deskripsi besar warga Bandung yang sesungguhnya begitu toleransi, pluralis, pancasilais, ” katanya. 

Anggota Komisi VIII DPR Diah Pitaloka juga menyayangkan insiden terhentinya kegiataan keagamaan yang dikerjakan sekumpulan orang. Tindakan yang dikerjakan pada umat Nasrani terang tak mencerminkan sikap orang-orang yang inklusif. 

“Kami dari Komisi VIII menyesalkan. Jawa barat itu satu propinsi yang kehidupan keagamaan orang-orang priangan itu terbuka, homie, nyaman. Lantaran kultur budaya orang Jawa barat itu terima perbedeaan tak homogen. Begitu heterogen, ” katanya. 

Dia juga lalu mengingatkan kembali arti Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan. Indonesia yang dapat berdiri diatas ketidaksamaan pasti tak dapat menanggalkan itu. Terlebih Indonesia ada dengan macam suku, agama serta ras. 

“Siapapun bisa tetaplah menggerakkan beribadah agama serta keyakinan. Namun agama mesti membuat perlindungan keyakinan. Di situ nampak prinsip kebanggaan. Yang berlangsung tempo hari itu tak memberikan Kebhinekaan, ” jelas politisi PDIP itu. 

ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

Share:

0 comments:

Post a Comment

Cek Kumpulan Nama Poker Online Indonesia Klik Di Bawah Ini.
.:: * NAMA AGEN POKER TERPERCAYA * ::.
Kumpulan Daftar Agen Poker Online

AGEN TERPOPULAR
MIN.DEPOSIT
PENDAFTARAN
188DOMINO
15.000 Daftar
ROMEOPOKER
10.000 Daftar
HITSDOMINO
20.000 Daftar
HITSQQ
20.000 Daftar
HITSPOKER
20.000 Daftar
PERI99
20.000 Daftar

Facebook

Blog Archive